Anim8or mempunyai beberapa unsur pembentuk dalam gambar 3D. dan
saya kira di software yang lainnya juga mempunyai unsur pembentuk gambar 3D yang sama dengan anim8or tetapi
hanya namanya saja yang sedikit berbeda.
Berikut dibawah ini adalah unsur-unsur
pembentuknya:
1.
Point,
adalah titik yang berada digambar 3d, titik tersebut terkadang juga disebut
simpul karena titik tersebut menjadi titik temu antara 2 atau lebih garis.
Titik tersebut bisa dirubah posisinya
untuk
melihat titik ini anda harus berada di mode “objek/point edit” dan tampilan
rupa gambar anda harus “wireframe”. Berikut dibawah ini adalah gambar contoh point/titik
yang berada dimode dan tampilan tersebut. (yang dilingkari)
2.
Edge,
adalah garis yang membentuk gambar 3d. “edge” jika diterjemahkan berarti “tepi”,
tapi saya rasa kurang cocok karena kata “tepi” identik dengan berada pada
ujung/pojok, padahal edge tidak selalu berada di tepi permukaan. Posisi “edge”
dapat dirubah”
Berikut
dibawah ini adalah gambar contoh “edge” yang saya maksud (yang dilingkari)
3.
Face,
adalah permukaan yang membentuk gambar 3D. face tidak bisa dirubah
posisinya, ini memang aneh karena mengingat unsur-unsur yang lain dalam objek
3D bisa dirubah posisinya. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Si pembuat
anim8or mempunyai pendapat sendiri tentang hal ini. berikut dibawah ini adalah
gambar contoh face (yang saya lingkari)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar