Oke tanpa panjang lebar aku akan
langsung membahas caranya:
1. buka programnya, program ini portable jadi tidak perlu menginstal dan
sebab itulah aku suka menggunakannya.
2. ubah
pandangan tampilannya
menjadi
pandangan atas (top) dengan cara pilih menu view lalu
pilih top
3. buat rangka polygon dengan cara klik
buid lalu N-Gon kemudian akan muncul
dialog pengisian, lalu isi kotak dengan nilai 5. Setelah itu tekan dan
seret kursor di lembar kerja.
Sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini
4. buat rangka poligont menjadi berisi
(extrude) dengan cara klik build lalu extrude kemudian setelah itu akan
muncul dialog pengisian, isi kotak pertanyaannya seperti dibawah ini
5. ubah pandanganya menjadi front (depan),
caranya klik menu view lalu pilih front
6. buat
tampilan polygon menjadi wireframe (rangka), caranya klik menu view lalu wire
sehingga hasilnya seperti ini:
7. ubah modus pengerjaan menjadi edit point, caranya klik tombol ini
8. kecilkan ukuran rangka polygon bagian atas,
menjadi seperti ini
Caranya klik tombol seperti tombol dibawah ini ( yang berwarna putih ya!! ) kemudian
tekan dan seret kursor di layar.
9. ubah pandangan menjadi pandangan atas,
klik menu view lalu pilih top
10. tandai sebagian sisi polygon (sisi yang
berwarwan kuning), caranya mudah hanya dengan klik kanan pada masing masing
sisi sehingga hasinya akan seperti ini.
11. ubah
pandangan menjadi pandangan front, caranya klik menu view lalu pilih front
12. keluarkan
(extrude) sisi yang telah ditandai, caranya klik tombol dibawah ini ( yang
berwana putih ya !! )
lalu tekan dan seret kursor secara vertikal sehingga
hasinya seperti ini.
13. miringkan sisi yang telah di extrude ,
sehingga hasilnya seperti ini
caranya tekan rotate face (tombol dibawah ini yang
berwarna putih ya,,) lalu tekan dan
seret secara vertical.
14. keluarkan (extrude) sisi miring tadi,
caranya seperti cara pada langkah nomor 12.
15. ubah pandangan menjadi pandangan bottom,
caranya klik menu view lalu bottom
16 tandai sisi bawah seperti ini dengan klik kanan
17. ubah pandangan menjadi pandangan front
(caranya seperti langkah no. 11) lalu extrude
(caranya seperti langkah no 12)
18. haluskan permukaan agar tidak kelihatan
kotak-kotak, caranya kembalikan dari modus edit poin ke modus edit (tombol
editnya tang berwarna putih ya)
Kemudian tekan build pilih convert to subdivided
sehingga hasilnya akan seperti ini.
19. buat lingkaran seperti ini
caranya tekan menu build lalu pilih primitive lalu
sphere kemudian tekan dan seret
20. haluskan
permukaan, caranya seperti langkah no 18
21. kembalikan
lagi ke mode edit point. Caranya seperti langkah no 7
22. tandai
sebagian titik point pada lingkaran, caranya klik
tombol dibawah ini ( yang berwarna putih ya) lalu tekan dan seret diatas titik yang ingin
ditandai
23. tarik
titik point ke atas, caranya klik tombol dibawah ini
lalu tarik ke atas maka hasilnya akan menjadi seperti
tabung dibawah ini
25. pindahkan
gambar lingkaran yang baru saja anda buat ke dalam gambar poligon yang anda
modifikasi tadi caranya tekan tombol dibawah ini
lalu arahkan
kursor di atas gambar lingkaran kemudian tekan tombol keyboard m lalu arahkan
ke dalam gambar polygon. Sehingga hasilnya akan seperti ini.
Karena tulisan ini sudah banyak maka saya akan cukup
sampai di sini. Sebenarnya saya masih bisa menjadikan gambar tersebut menjadi
lebih nyata tapi agar karena menjadi semakin panjang maka aku tidak hentikan
cukup sampai disini.
Sekedar oleh oleh, saya akan berikan hasil pekerjaan
saya menggambar terong
Tidak ada komentar:
Posting Komentar